Soal PAT/ UAS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Soal SD -- Soal UAS, Soal PAT, Soal PAS, Soal Penilaian Akhir Tahun , Ulangan Semester, Soal Tematik, Kelas IV, Indahnya Keragaman di Negeriku, Kurikulum 2013.

Halo Bapak/ Ibu senang sekali kami bisa kembali menyapa Anda semua pada artikel kami ini. Sesuai dengan judul artikel, kali ini kami akan berbagi soal-soal PAT Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Semester 2 K13 untuk kelas 4.

Pada artikel sebelumnya kami juga telah memposting Soal PAT/ UAS Tema 6 Cita-citaku Kelas 4 Kurikulum 2013 yang juga bisa Anda lihat dan jadikan referensi dalam menyusun dan membuat soal-soal PAT Semester 2 nantinya.

Bapak/ Ibu kita tahu bahwa kegiatan Penilaian Akhir Tahun atau Ulangan Akhir Semester 2 akan segera dilaksanakan. Sesuai dengan kalender pendidikan, kegiatan PAT ini akan dilaksanakn pada bulan Mei atau Juni. Ini akan berbeda, tergantung daerah masing-masing.

Kegiatan PAT sendiri merupakan salah satu evaluasi dari beberapa evaluasi yang ada pada Kurikulum 2013. Yang mana hasil dari kegiatan PAT ini nantinya bisa menentukan siswa tersebut naik kelas atau tidak.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi kepada Anda Soal PAT/ UAS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 Kurikulum 2013. Dimana pada tema 7 ini terdapat 3 Subtema yaitu :

Subtema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Subtema 2 : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Soal PAT Kelas 4 Tema Lainnya :

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tema 7 Kelas 4
Dalam penyusunan atau pembuatan Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT) Tema 7 Kelas 4 Kurikulum 2013 ini berdasarkan pada kisi-kisi soal yang terdiri dari pilihan ganda, soal isian singkat, dan uraian. Kompetensi dasar yang termuat dalam soal-soal PAT ini antara lain, Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS, Matematika, SBdP.

KD Muatan Pelajaran Tema 7 Kelas 4 Semester 2 K13
Adapun deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku sebagai berikut :

PPKN 1.4 mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 2.4 menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

PPKN 3.4 mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 4.4 mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

B. INDO 3.7 menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
B. INDO 4.7 menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

IPA 3.3 mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
IPA 4.3 mendemonstra-sikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

IPS 3.2 mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
IPS 4.2  menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.

SBdP 3.2 mengetahui gerak tari kreasi daerah.
SBdP 3.3 mengetahui karya seni rupa teknik tempel SBdP 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
SBdP 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
SBdP 4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah.
SBdP 4.4 membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

Soal PAT/PAS Tema 7 Kelas 4 Kurikulum13


Soal PAT/ UAS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Bagi seorang guru memang akan sangat disibukan saat kegiatan PAT atau kegiatan evaluasi lainnya akan dilaksanakan. Jauh-jauh hari guru kelas harus menyusun atau membuat soal-soal yang akan digunakan saat evaluasi. Tak hanya guru siswa juga mulai pada jadwal belajarnya, apalagi kegiatan PAT sangat menentukan kenaikan kelasnya.

Dengan adanya soal-soal ini kami berharap bisa membantu Anda yang akan menyusun soal-soal Penilaian Akhir Tahun. Dan disini kami ingin menyampaikan terkait soal-soal tersebut, sebelum Anda gunakan, periksa atau cek kembali materi yang ada pada soal tersebut apa sama dengan materi yang Anda ajarkan atau tidak.

Nah berikut ini silahkan Anda lihat soal-soal PAT Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 Kurikulum 2013.
PPKn KD 3.4
1.  Indonesia memiliki keragaman suku bangsa yang tergambar dalam lambang ....
A.  Garuda pancasila
B.  Bhineka Tunggal Ika
C.  Bersatu kita teguh
D.  Bercerai kita runtuh

2.  Kalimat “Bhineka Tunggal Ika” berasal dari bahasa.  ...
A.  Jawa
B.  Inggris
C.  Sanskerta
D.  Eropa

3.  Kalimat “Bhineka Tunggal Ika” terdapat dalam buku ....
A.  Ramayana
B.  Mahabarata
C.  Suta soma
D.  Kamus

4.  Buku Suta Soma merupakan karangan ....
A.  Mpu tantular
B.  Mpu mahabarata
C.  Mpu gandring
D.  Mpu majapahit

5.  Bahasa yang disepakati sebagai bahasa resmi kenegaraan disebut ....
A.  Bahasa dasar
B.  Bahasa negara
C.  Bahasa daerah
D.  Bahasa inggris

6.  Manfaat menghormati keragaman budaya di suatu daerah adalah ....
A.  Budaya daerah menjadi terjaga kelestariannya
B.  Masyarakat semakin sejahtera dan kaya
C.  Budaya daerah semakin luntur
D.  Budaya daerah menjadi praturan

7. Jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara dapat berakibat ....
A.  Kerukunan
B.  Keharmonisan
C.  Perpecahan
D.  Kedamaian

8.  Sekumpulan masyarakat yang memiliki adat istiadat dan tradisi yang sama disebut ....
A.  Upacara adat
B.  Suku bunga
C.  Suku bangsa
D.  Suku cadang

9.  Budaya nasional bersumber dari budayA.  ...
A.  Budaya dasar
B.  Budaya asing
C.  Budaya daerah
D.  Budaya luar negeri

10.  Budaya daerah sering disebut juga sebagai budayA.  ...
A.  Tradisional
B.  Lama
C.  Kuno
D.  Modern

Bahasa Indonesia KD 3.7
Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 9-11 !

Rumah Gadang, Rumah Adat Sumatera Barat
Bentuk rumah Gadang sering dihubungkan dengan cerita Tambo Alam Minangkabau. Cerita tersebut tentang kemenangan orang Minang dalam peristiwa adu kerbau. Bentuk tanduk kerbau digunakan sebagai bentuk atap rumah Gadang.

Rumah Gadang memiliki keunikan tersendiri disbanding rumah adat yang lain. Atapnya berbentuk meruncing pada bagian ujungnya, seperti tanduk kerbau. Atapnya menggunakan ijuk. Rumah Gadang memiliki satu tangga di bagian depan. Dinding rumah Gadang dihiasi ornamen bermotif akar, bunga, daun, serta bidang persegi panjang dan jajar genjang.

Rumah Gadang memiliki banyak fungsi. Rumah Gadang berfungsi sebagai tempat kediaman keluarga.  Rumah Gadang juga digunakan sebagai tempat untuk membicarakan suatu masalah. Selain itu, rumah Gadang juga berfungsi sebagai tempat melaksanakan upacara adat. Apabila ada anggota keluarga yang sakit, dia akan dirawat di rumah ini juga.

11. Asal usul rumah Gadang sering dikaitan dengan cerita ….
A.  Rumah Adat
B.  Rumah Gadang
C.  Tambo Alam  Minangkabau
D.  Rumah Adat Sumatera Barat

12. Atap rumah Gadang berbentuk ….
A.  Atap rumah
B.  Persegi panjang
C.  tanduk kerbau
D.  jajar genjang

13. Bahan atap rumah Gadang terbuat dari ….
A.  Tanduk kerbau
B.  bunga
C.  akar
D.  ijuk

Bacaanini untuk menjawab soal nomor 12-14!

Suku Batak di Sumatera Utara
Bahasa yang digunakan orang Batak adalah bahasa Batak dan sebagian orang menggunakan bahasa Melayu. Penutur bahasa Batak di setiap daerah memiliki logat yang berbeda-bedA.  Orang Karo menggunakan logat Karo, orang Pakpak menggunakan logat Pakpak, dan orang Simalungun menggunakan logat Simalungun.
Tari Tor-Tor dan Serampang Dua Belas adalah kesenian suku Batak. Adapun alat musik tradisionalnya berupa gong dan saga-sagA.  Kain ulos merupakan hasil kerajinan tenun suku Batak. Kain ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat, seperti upacara perkawinan, kematian, maupun menyambut tamu.

14. Orang Batak menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa ….
A.  Jawadan Karo
B.  Pakpak dan Karo
C.  Melayu dan Batak
D.  Simalungun dan Karo

15. Alat music tradisional suku Batak berupA.  .. dan ….
A.  Ulosdan Tor-Tor
B.  Kentongan dan Beduk
C.  Gong dan Saga-Saga
D.  Kentongandan Tor-Tor

16. Jenis tarian dari Batak yaitu tari ….
A.  Gong
B.  Tor-Tor
C.  Saga-Saga
D.  Melayu

Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 15-16 !

Kebutuhan manusia sangat beragam, karena manusia memiliki kecenderungan tidak mudah puas. Manusia berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya melalui kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi akan selalu dilakukan manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan peran pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi terdiri atas produsen dan konsumen. Produsen adalah penghasil barang dan konsumen adalah pemakai barang yang dibuat produsen. Konsumen akan membeli barang yang diperlukannya menggunakan uang. Uang akan diterima produsen dan akan digunakannya juga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

17. Alat tukar yang digunakan konsumen dalam kegiatan ekonomi adalah ….
A.  barang
B.  uang
C.  konsumen
D.  produsen

18. Yang termasuk pelaku ekonomi adalah ….
A.  Produsen dan konsumen
B.  Barang dan uang
C.  ekonomi dan barang
D.  uang dan ekonomi

19. Produsen  adalah ….
A.  Pemakai barang
B.  Penyalur barang
C.  penghasil barang
D.  pengguna barang

20. konsumen adalah ….
A.  Pemakai barang
B.  Penyalur barang
C.  penghasil barang
D.  pengantar barang

IPA KD 3.3
21. Tarikan atau dorongan dalam IPA disebut...
A.  Usaha
B.  Gaya
C.  Tenaga
D.  Energi

22. Gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi yang arahnya menuju pusat bumi disebut gayA.  ..
A.  Gesek
B.  Gravitasi
C.  Magnet
D.  Otot

23. Buah yang jatuh dari pohonnya adalah contoh gayA.  ....
A.  Gravitasi
B.  Gesek
C.  Magnet
D.  Otot

24. Gaya yang ditimbulkan karena adanya dua benda yang saling bergesekkan disebut gayA.  ....
A.  Listrik
B.  Gesek
C.  Otot
D.  Magnet

25. Dalam tarik tambang, peserta menggunakan gayA.  ......
A.  Gesekan
B.  Otot
C.  Gravitasi Listrik

26. Salah satu contoh yang tidak menggunakan gaya otot adalah......
A.  Mendorong meja
B.  Jarum yang dapat ditarik oleh magnet
C.  Menendang bola
D.  Membuka pintu

27. Berikut yang bukan contoh gaya gesek adalah....
A.  Ban kendaraan dengan aspal
B.  Sol sepatu dengan lantai
C.  Buah jatuh dari pohonnya
D.  Papan peluncur dengan salju

28. Apakah yang menyebabkan lampu dapat menyalA.  ....
A.  Karena adanya gaya magnet
B.  Karena adanya gaya gesek
C.  Karena adanya gaya listrik
D.  Karena adanya gaya gravitasi

29. Hiasan pintu kulkas dapat menempel di pintu kulkas. Hal tersebut termasuk gayA.  ..
A.  Otot
B.  Gesek 
C.  Gravitasi
D.  Magnet

30. Rem yang terdapat pada sepeda menggunakan perinsip kerja dari gayA.  ..
A.  Magnet
B.  Gravitasi
C.  Dorongan
D.  Gesekan

IPS 3.2 
31.     Indonesia adalah Negara yang memiliki kebudayaan yang beragam karena memiliki ….
A.  satu suku
B.  ribuan pulau
C.  banyak undang-undang
D.  laut yang luas

32. Keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia tidak perlu dijadikan masalah, justru merupakan salah satu ….
A.  kekayaan bangsa
B.  kelemahan bangsa
C.  budaya luar negeri
D.  kehebatan dunia

33. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keragaman dalam masyarakat Inonesia kecuali ….
A.  perbedaan kondisi alam
B.  kondisi negara kepulauan
C.  kondisi ekonomi masyarakat
D.  letak strategis wilayah Indonesia

34. Indonesia merupakan nagara yang letaknya strategis, karena berada diantara dua benua yaitu ….
A.  Asia dan Eropa
B.  Asia dan Afrika
C.  Asia dan Australia
D.  Asia dan Amerika

35. Di bawah ini yang bukan merupakan bagian keragaman di Indonesia adalah ….
A.  suku bangsa
B.  bahasa
C.  agama
D.  bendera bangsa

36. Suku terbanyak penduduknya di Indonesia adalah suku ….
A.  Sunda
B.  Batak
C.  Toraja
D.  Jawa

37. Suku Asmat dan suku Dani berasal dari ….
A.  Papua
B.  Sumatera
C.  Sulawesi
D.  Kalimantan

38. Masyarakat di pegunungan lebih memilih bekerja berkebun atau bertani sayur, sedangkan masyarakat di pesisir pantai banyak bekerja sebagai nelayan. Hal ini menunjukkan bahwa keragaman masyarakat dapat disebabkan oleh ….
A.  kondisi alam
B.  jumlah penduduk
C.  kondisi agama
D.  kondisi ekonomi

39. Banyak bahasa daerah yang terdapat di Indonesia, namun Indonesia memiliki bahasa Nasional yaitu bahasa ….
A.  Jawa
B.  Indonesia
C.  Melayu
D.  Mandarin

40. Suku Sekak dan suku Toboali berasal dari ….
A.  Bangka Belitung
B.  Bengkulu
C.  Sumatera Barat
D.  Sumatera Selatan

SBdP
3.2
41. Pada lirik “Apuse” not angka yang benar adalah . . . .
A.  5¯¯1 ̇ 3 ̇
B.  5 ̇¯¯1 ̇3
C.  5¯¯1 3
D.  5 ̇¯¯1 ̇( 3) ̇

42. Tempo pada lagu “Satu Nusa Satu Bangsa ” adalah . . . .
A.  Allegro/cepat
B.  Moderato/sedang
C.  Largo/lambat
D.  Metronome

43. Dwinta menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” sesuai dengan nada dan tempo sehingga terdengar merdu. Lagu tersebut berasal dari . . . .
A.  Maluku
B.  Papua Barat
C.  Gorontalo
D.  Sulawesi Selatan

3.3
44. Garis Imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut . . . .
A.  Pola lantai
B.  Formasi
C.  Garis lengkung
D.  Diagonal

45. Tari Saman Meusekat dan tari Seudati berasal dari daerah . . . .
A.  Sumatera Utara
B.  Bengkulu
C.  Riau
D.  Aceh

46. Alat musik Garantung terbuat dari kayu, terdapat tujuh bilah yang digantung di atas kotak. Kotak ini berfungsi berfungsi sebagai . . . .
A.  Tombol bunyi
B.  Stik Pukul
C.  Resonator/penyimpanan suara
D.  Mamalu

3.4
47. Karya seni rupa teknik menempel menggunakan panduan aneka bahan pada permulaan gambar disebut . . . .
A.  Kolase
B.  Montase
C.  Mozaik
D.  Aplikasi

48. Cara membuat:
1. Tentukan tema
2. Buatlah rancangan karya pada kertas
3. Cari gambar-gambar sesuai rancangan pada buku bekas, majalah, koran
4. Gunting gambar sesuai yang diinginkan
5. Tempel potongan gambar pada kertas rancangan sebelumnya
6. Bila perlu dilengkapi dengan melukis gambar dan diwarnai
Langkah tersebut adalah cara membuat karya tempel jenis . . . .
A.  Mozaik
B.  Montase
C.  Aplikasi
D.  Kolase

49. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk daun, bunga, binatang, atau sesuai rancangan adalah cara membuat karya menempel jenis . . . .
A.  Mozaik
B.  Montase
C.  Aplikasi
D.  Kolase

50. Bahan untuk memperindah dinding rumah sebaiknya menggunakan pola gambar dan mozaik dengan bahan . . . .
A.  Kain dan kertas
B.  Bijian dan kayu
C.  Gambar dari koran bekas
D.  Pecahan keramik warna-warni


Download Soal PAT/ UAS Tema 7 Kelas 4 K13

Untuk memudahkan Anda dalam menyimpan soal-soal di atas dalam bentuk dokumen. Kami telah menyiapkan soal-soal tersebut dalam file .doc Office Word yang mana nantinay soal-soal tersebut masih bisa Anda edit langsung. Nah langsung saja silahkan Anda download soal-soalnya melalui tautan berikut ini.


Itulah soal-soal PAT/ UAS untuk Tema 7 Kelas 4, dan untuk memudahkan Anda mengoreksi jawaban dari soal-soal tersebut, kami telah menyiapkan pula kunci jawabannya. Silahkan download kunci jawabannya melalui link berikut.

Kunci Jawaban Soal PAT/ UAS Tema 7 Kelas 4 K13

Untuk kunci jawaban dari soal-soal di atas, dapat Anda unduh langsung melalui link berikut ini. Harap Anda koreksi lagi untuk memastikan kunci jawabannya.


Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa dalam membuat atau menyusun soal-soal PAT ini baik soal-soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian harus sesuai dengan materi yang Bapak/ Ibu ajarkan, jangan sampai soal-soal ini tidak di koreksi lagi materinya.

Jangan lupa juga untuk memotivasi siswa untuk giat dalam belajar agar nantinya nilai yang di dapat siswapun tidak mengecewakan. Kami paham betul kesibukan Anda selaku guru kelas yang harus mendidik siswa belum lagi harus membuat soal-soal seperti ini.

Maka dari itu, semoga dengan adanya Soal PAT/ Pas/ UKK Tema 7 Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 di atas bisa membantu Anda dalam menyusun soal-soal. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.
Baca Juga

Banyak dibaca