Soal PAT/ UAS Tema 6 Cita-Citaku Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Soal SD -- Soal PAT, Soal UKK, Soal UAS, Soal PAS, Penilaian Akhir Tahun, Ulangan Akhir Semester, Soal Tematik, Soal Kelas IV, Kurikulum 2013, K13, Kisi-kisi Soal, Kunci Jawaban.

Tak lama lagi kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ulangan Akhir Semester 2 (UAS) akan dilaksanakan. Berbagai persiapan dilakukan baik guru dan siswa. Bagi siswa kegiatan PAT ini sangatlah penting sekali, karena dari nilai yang diperoleh sangat menentukan bisa naik kelas atau tidak, maka dari itu belajarlah dengan sungguh-sungguh.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga telah memposting Soal PAT/ UAS Kelas 4 Semester 2 K13 yang juga bisa Anda lihat pada artikel tersebut kumpulan soal-soal PAT untuk kelas 4, lengkap untuk semua tema dan mata pelajaran tambahan lainnya.

Sesuai dengan kalender pendidikan di daerah masing-masing kegiatan Penilaian Akhir Semester ini biasanya dilaksanakan sekitar bulan Mei dan Juni. Mungkin akan ada sedikit perbedaan untuk tiap-tiap daerah.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi kepada Anda Soal PAT/ UAS Tema 6 Cita-citaku Kelas 4 Kurikulum 2013. Dimana pada tema 6 ini terdapat 3 Subtema yaitu :

Subtema 1 : Cita-citaku
Subtema 2 : Hebatnya Cita-citaku
Subtema 3 : Giat Berusaha Meraih Cita-cita

Soal PAT Kelas 4 Tema Lainnya :

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tema 6 Kelas 4
Dalam penyusunan atau pembuatan Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT) Tema 6 Kelas 4 Kurikulum 2013 ini berdasarkan pada kisi-kisi soal yang terdiri dari pilihan ganda, soal isian singkat, dan uraian. Kompetensi dasar yang termuat dalam soal-soal PAT ini antara lain, Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS, Matematika, SBdP.

KD Muatan Pelajaran Tema 6 Cita-citaku Kelas 4 Semester 2 K13
Adapun deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 6 Cita-citaku sebagai berikut :

PPKN 1.1 mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
PPKN 2.3 bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

PPKN 3.3 menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.4 mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

B. INDO 3.6 menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
B. INDO 4.6 melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

IPA 3.2 membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

IPA 4.2 membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

IPS 3.1  mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

IPS 4.1  menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

SBdP 3.2 mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel

SBdP 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
SBdP 4.4 membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

Soal PAT/PAS Tema 6 Cita-citaku Kelas 4 Kurikulum 2013


Soal PAT/ UAS Tema 6 Cita-citaku Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal yang kami bagikan ini bisa Bapak/ Ibu jadikann referensi nantinya untuk menyusun atau membuat soal-soal PAT Kelas 4. Namun kami ingatkan untuk mengecek lagi materi-materi yang ada pada soal-soal ini apakah sama dengan materi yang di ajarkan kepada siswa.

Namun tentunya semua soal-soal ini bersumber dari Buku Paket Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi, jadi tentunya soal-soal tersebut sudah sesuai dengan materi-materi yang ada. Nah berikut ini silahkan Anda lihat langsung soal-soalnya.
PPKn 3.3 
1.  Sikap kita terhadap seorang pemulung, yaitu ….
A.  menghormati dan menghargainya
B.  tidak memperdulikannya
C.  mencelanya
D.  takut

2.  Sinta seorang penari dari Bali. Sikap kita ketika menyaksikan Sinta menarikan tari serimpi, yaitu….
A.  Mencela Sinta karena merasa pintar
B.  menghormati dan merasa bangga dengan Sinta
C.  menasihatinya agar Sinta harus fokus pada budaya asalnya
D.  mencemoohnya karena Sinta tidak bangga dengan kebudayaannya sendiri

3.  Memaksakan keinginan atau kesukaa kita agar selalu diikuti oleh teman akan mengakibatkan….
A.  teman-teman takut pada kita
B.  banyak teman yang salut kepada kita
C.  kita dijauhi teman
D.  teman kita semakin bertambah banyak

4. Berikut sikap positif terhadap teman yang berbeda adat istiadat, yaitu ….
A.  Saling mencaci
B.  Saling beradu pendapat
C.  Musuhan
D.  Menjaga kerukunan

5.  Berikut sikap yang harus kita hindari, yaitu….
A.  Menghina kebiasaan suku bangsa lain
B.  Menerima suku bangsa lain dalam pergaulan sehari-hari
C.  Berteman dengan orang-orang dari suku bangsa yang sama dengan kita
D.  Menjaga harkat dan martabat dari orang-orang yang berasal dari suku bangsa lain

6.  Sikap kita ketika melihat bangunan rumah adat yang terlihat kuno, yaitu ….
A.  Malu bangsa kita mempunyai rumahadat reyot.
B.  Menghargai dan bangga karena itu bagian dari keanekaragaman Indonesia
C.  Tidak mengakuinya
D.  Hanya membanggakan rumah adat suku sendiri

7.  Salah satu perilaku tercela ketika melihat perayaan agama lain,yaitu ….
A.  menghormati
B.  menghargai
C.  mencemoohnya
D.  membantunya

8.  Jika melihat teman sedang beribadah sikap kita ….
A.  ramai
B.  gaduh
C.  mengganggu
D.  diam

9.  Berikut ini adalah contoh keberagaman, yaitu….
A.  Ahmad menyukai sepak bola sedangkan Rudi meyukai bulutangkis
B.  Intan, Delia dan Siti berangkat ke sekolah Bersama-sama
C.  Sania dan Rona senang berolahraga
D.  Hasan selalu berlatih beladiri dengan giat.

10. Apabila temanmu berbeda pendapat denganmu, maka sikapmu adalah ….
A.  Menyanggah pendapatnya
B.  Menghargai pendapat tersebut
C.  Menolak setiap usulnya
D.  Tak peduli

B.INDONESIA 3.6 
11. Pilihan kata dalam puisi disebut…
A.  diksi
B.  rima
C.  ritme
D.  irama

12. Cara dalam mengucapkan bunyi bahasa pada puisi disebut…
A.  lafal
B.  intonasi
C.  nada
D.  tempo

Perbedaan Yang Indah

Bukit-bukit itu membiru dari jauh
Laut itu pun membiru dari jauh
Mereka terlihat sama
Walaupun berbeda
Keduanya indah
Keduanya memesona
Walaupun berbeda
Keduanya tak terpisah

13. Amanat yang disampaikan dalam puisi tersebut adalah…
A.  Perbedaan harus terpisahkan
B.  Pesona alam berbeda-beda
C.  Keanekaragaman adalah sesuatu yang indah
D.  Segala sesuatu harus disatukan

14. hal-hal yang perlu di perhatikan saat membaca puisi adalah…
A.  Warna
B.  Tekstur
C.  Motif
D.  Intonasi

15. Perhatikan puisi berikut!

Bungaku Bersemi Kembali

Bungaku kini bersemi kembali
Setelah seminggu terkurung dilembah sunyi
Kini bertunas lagi daunnya yang dulu menguning dan ….
Rantingnya yang dulu kering
Kinisegar kembali
Tidak sia-sia
Ku siram bungaku hingga bersemi dan mekar kembali

Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah….
A.  Berguguran
B.  Berjatuhan
C.  Bertebangan
D.  Bermunculan

16. Jumlah baris tiap bait dalam puisi sederhana, yaitu….
A.  5
B.  4
C.  6
D.  7

17. Perhatikan puisi berikut!

Tiba Senja
....
Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya Panjang berulang-ulang
Pulang ya pulang, hai petualang!
Ketapang. Ketapang yang kembang
Berumpun di perigi tua
Anak ku datang anak ku pulang

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah….
A.  Bangga
B.  Sedih
C.  Gembira
D.  duka

18.
Menyesal

Pagiku hilang sudah melayang
Hari muda ku sudah pergi
Sekarang … datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi Beta lengah di mata muda
Kini hidup malang hati
Miskin ilmu, miskin harta
Ah, apa guna ku sesalkan

Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda ku harapkan    
Atur barisa di hari pagi
Menuju keatas padang bakti !
 
Amanat yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ….
A.  Atur barisan menuju cita-cita selagi masih muda
B.  Selagi muda carilah harta sebanyaknya
C.  Walaupun sudah tua tuntutlah ilmu
D.  Suasana perkotaan yang sejuk keraslah

19.
Horison

Kami  tidak bisa di bubarkan
Apalagi dicoba dihalaukan
Dari gelanggang ini
Karena kekemah kami
Sejarah sedang singgah
Dan mengulurkan tangannya yang ramah

Tidak ada lagi sekarang waktu
Untuk merenung Panjang, untuk ragu-ragu
Karena jalan masih jauh
Karena Arif telah gugur
Dan luka-luka dua puluh satu
   
Tema puisi tersebut adalah ….
A.  peperangan
B.  perjuangan
C.  kesedihan
D.  pertumpahandarah

20. Perhatikan penggalan puisi berikut!

Gunung ini menjulang tinggi
Air mengalir dengan jernih
Hamparan padi menguning
Udaranya begitu segar
Itulah kampung halamanku

Penggalan puisi tersebut menggambarkan….
A.  Petani sedang menanam disawah
B.  Suasana gunung dan berudara segar
C.  Suasana desa yang indah dan subur
D.  Selagi muda tuntutlah ilmu dan bekerja

IPA, 3.2
21. Seluruh tahap perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya disebut . . . .
A.  Pertumbuhan
B.  Perkembangan
C.  metamorphosis
D.  daur hidup

22. Telur kupu-kupu menetas menjadi . . . .
A.  Ulat
B.  Berudu
C.  kepompong
D.  pupa

23. Tahap –tahap metamorfhosis kupu-kupu yang benar adalah . . . .
A.  Telur-ulat-kepompong-kupu-kupu
B.  Telur-kepompong-ulat-kupu-kupu
C.  Kepompong –ulat –telur- kupu-kupu
D.  ulat - kepompong –kupu-kupu – telur

24. Belalang mengalami metamorfosisi . . . .
A.  Tidak sempurna
B.  sempurna
C.  seutuhnya
D.  ganda

25. jentik-jentik nyamuk tinggal di . . . .
A.  darat
B.  air
C.  laut
D.  bebatuan

26. dibawah ini yang merupakan usaha penyelamatan keanekaragaman makhluk hidup adalah . . . .
A.  melakukan penebangan sesuka hati
B.  terus memburu hewan langka untuk diperjual belikan
C.  membudidaya kan tumbuhan dan hewan langka
D.  memanfaatkan sumber daya alam sebesar-besarnya

27. urutan yang benar dalam tahapan metamorfosis sempurna adalah . . . .
A.  telur-dewasa-kepompong-dewasa
B.  dewasa-ulat- kepompong -dewasa
C.  telur-ulat- kepompong -dewasa
D.  telur-ulat-dewasa- kepompong

28. upaya penangkaran kupu-kupu yang langka bertujuan untuk . . . .
A.  menambah populasi dialam
B.  memenuhi permintaan pasar
C.  mencegah kepunahan
D.  menjadikannya satwa peliharaan yang jinak

29. tahap metamorphosis pada kupu-kupu yang merugikan petani adalah
A.  telur
B.  kepompong
C.  ulat
D.  dewasa

30. contoh hewan yang mengalami metamorphosis tidak sempurna adalah…
A.  kupu-kupu
B.  katak
C.  belalang
D.  ayam

IPS KD 3.1 
31. Masyarakat indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani sehingga indonesia sering disebut sebagai negarA.  . . .
A.  Maritim
B.  Kepulauan
C.  Agraris
D.  Bahari

32. Batu bara, emas, dan timah termasuk jenis barang. . . .
A.  Pertanian
B.  Perkebunan
C.  Laut
D.  Tambang

33. Sumber daya alam berikut yang tidak dapat diperbarui adalah. . . .
A.  Air
B.  Tanah
C.  Minyak
D.  Hutan

34. Rotan sebagai hasil hutan dapat dimanfaatkan untuk. . . .
A.  Kebutuhan sedang
B.  Bahan baku mainan
C.  Bahan anyaman
D.  Bahan industri

35. Brokoli dan wortel adalah tanaman yang banyak tumbuh di. . . .
A.  lembah
B.  Ngarai
C.  Dataran tinggi
D.  Dataran rendah

36. Barang tambang berupa timah terdapat didaerah. . . .
A.  Semarang
B.  Banjar negara
C.  Cilacap
D.  Bangka belitung

37. Bahan baku pembuatan ban mobil dan motor adalah. . . .
A.  Karet
B.  Kelapa sawit
C.  Plastik
D.  timah

38. Dari hewan sapi kita bias memperoleh makanan dan minuman berupA.  . . .
A.  Susu dan roti
B.  Daging dan madu
C.  daging dan susu
D.  susu dan kue

39. Berikut ini yang bukan merupakan hewan liar adalah…
A.  Badak
B.  Kucing
C.  Gajah
D.  Harimau

40. Berikut ini yang merupakan tanaman pangan dalah….
A.  Padi
B.  Karet
C.  Kelapa sawit
D.  tembakau

SBDP KD 3.2
41. Cepat lambatnya lagu dinyanyikan disebut. . . .
A.  Nada
B.  Lagu
C.  Tempo
D.  Birama

42. Berikut ini yang merupakan tempo lambat sekali adalah. . . .
A.  Vivace
B.  Presto
C.  Largo
D.  Allegro

43. Berikut ini yang merupakan tempo Cepat adalah. . . .
A.  Vivace
B.  Presto
C.  Largo
D.  Allegro

SBDP KD 3.3
44. Tari Pendet berasal dari daerah. . ..
A.  Sumatra Barat
B.  Jawa Tengah
C.  Sulawesi
D.  Bali

45. Benda yang digunakan dalam tari disebut. . . .
A.  Tata rias
B.  Properti
C.  Kostum
D.  Tata panggung

46. Tari saman berasal dari daerah. . . .
A.  Aceh
B.  bangka
C.  maluku
D.  jakarta

SBDP KD 3.4
47. Teknik menggambar dengan memanfaatkan bentuk-bentuk yang telah ada sebelumnya disebut. . . .
A.  Montase
B.  Lukis
C.  Kolase
D.  Cap

48. Berikut yang termasuk bahan alam membuat mozaik adalah. . . .
A.  Plastik
B.  Tanah liat
C.  Sedotan
D.  Biji-bijian


49. Teknik yang digunakan kolase adalah teknik….
A.  Tempel
B.  Lukis
C.  Pahat
D.  Cat

50. Yang bukan merupakan seni rupa dengan menggunakan teknik temple adalah…
A.  Kolase
B.  Montase
C.  Mozaik
D.  Patung


Download Soal PAT/ UAS Tema 6 Kelas 4 K13

Soal-soal di atas tentunya dapat Anda copy dan pastekan langsung ke dokumen kerja Anda. Namun kami disini ingin memudahkan Anda. Anda tidak perlua lakukan copy paste lagi karena disini kami telah menyiapkan soal-soal di atas dalam bentuk dokumen Office Word (.doc) yang mana bisa Anda simpan dan unduh langsng melalui link berikut ini.


Itulah soal-soal PAT/ UAS untuk Tema 6 Kelas 4, dan untuk memudahkan Anda mengoreksi jawaban dari soal-soal tersebut, kami telah menyiapkan pula kunci jawabannya. Silahkan download kunci jawabannya melalui link berikut.

Kunci Jawaban Soal PAT/ UAS Tema 6 Kelas 4 K13

Untuk kunci jawaban dari soal-soal di atas, dapat Anda unduh langsung melalui link berikut ini. Harap Anda koreksi lagi untuk memastikan kunci jawabannya.


Kita tahu bahwa kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sendiri merupakan salah satu dari penilaian yang ada pada kurikulu 2013. Ada beberapa penilaian lainnya yang bisa dijadikan evaluasi terhadap siswa. Namun untuk kegiatan PAT ini menjadi salah satu evaluasi untuk menentukan kenaikan kelas dari siswa.

Jangan lupa juga untuk memotivasi siswa untuk giat dalam belajar agar nantinya nilai yang di dapat siswapun tidak mengecewakan. Kami paham betul kesibukan Anda selaku guru kelas yang harus mendidik siswa belum lagi harus membuat soal-soal seperti ini.

Maka dari itu, semoga dengan adanya Soal PAT/ Pas/ UKK Tema 6 Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 di atas bisa membantu Anda dalam menyusun soal-soal. Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan untuk Anda terkait soal-soal tersebut, jangan lupa untuk saling berbagi, dan jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.
Baca Juga

Banyak dibaca